Senin, 03 Juni 2013

Hubungan IRobot Dengan Proses Human Computer Interaction



Hubungan Human Computer Interaction (HCI) dalam film IRobot.

Pendahuluan
Dalam Perkembangan Human Computer Interaction , salah satu studi ilmiah yang banyak terjadi  proses perkembangan adalah Human – Robot Interaction, dimana studi ini mempelajari interaksi antara manusia dan robot. Penelitian banyak dilakukan mengingat robot diharapkan mampu membantu pekerjaan manusia dimana robot merupakan salah satu bentuk replika dari manusia.  Saat ini perkembangannya berkutat pada beberapa isu, seperti bagaimana robot-robot tersebut mampu menangapi perintah berdasarkan kata-kata dan respon dari robot itu sendiri kepada manusia , bagaimana desain robot yang mampu melayani baik orang normal maupun orang yang memiliki kebutuhan dan kemampuan khusus, bagaimana robot melakukan pengambilan keputusan dan tindakan dan berinteraksi sesuai perhitungan yang logis , dll.

Review Film IRobot
Salah satu film yang mengambarkan interaksi tersebut adalah film I-Robot. Film ini menarik untuk ditelaah karena didalam film ini menggambarkan bagaiman manusia dan robot dapat hidup berdampingan dimana robot tersebut sudah sanggup melakukan interaksi dengan manusia secara sempurna dan dibuat semanusiawi  mungkin , terutama dalam tugasnya yaitu membantu maupun melayani manusia.  Dari segi pemikiran dari robot di dalam film tersebut, robot tersebut juga sudah mampu berfikir secara logis dan rasional berdasarkan algortima yang ditanamkan pada mereka dan membuat keputusan berdasarkan perhitungan tersebut , yang pada akhirnya robot-robot tersebut menjadi kebutuhan manusia yang amat penting di dalam film tersebut. Hal ini bisa terjadi berdasarkan algoritma yang dibuat dan ditanamkan pada mereka untuk melindungi manusia dan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi jika terjadi error maupun kerusakan yang menyebabkan robot bisa melakukan tindakan yang membahayakan bagi manusia, dan dikenal sebagai III Laws .

Namun hal ini menjadi mengerikan saat terjadi evolusi dalam robot-robot tersebut seiring perkembangan robot itu sendiri. Menurut Dr. Lanning di dalam film ini, dalam suatu jumpa pers, beliau mengatakan bahwa ada kode yang yang tidak dapat diduga yang memicu evolusi secara alami , yang dikenal sebagai “Hantu di dalam mesin”. Hal ini terjadi pada kasus Sonny, robot NS-5 , dan VIKI (Virtual Interactive Kinect Intellegence) yang berevolusi dan mampu membuat mesin belajar dan mengambil kesimpulan secara mandiri yang pada akhirnya membuat penafsiran mengenai III Laws berubah mengikuti persepsi masing-masing dan membuat kekacauan pada akhir cerita.  

Pendapat Mengenai Film I-Robot dan Proses Human Computer Interaction 

Hal yang bisa dipelajari dari film ini , adalah Human Computer Interaction di dalam film ini sangat atraktif mengingat hal inilah yang diharapkan oleh banyak peneliti di seluruh dunia. Bahkan saya rasa hal ini terdengar mengagumkan ketika manusia dan robot bisa hidup berdampingan. Namun hal ini juga terdengar sangat mengerikan mengingat komputer bisa memiliki kecerdasan sendiri dalam berfikir dan belajar dan akhirnya mampu membuat keputusan. Hal ini menjadi menakutkan jika pemikiran tersebut salah ditafsirkan dan malah melakukan sesuatu yang membuat manusia terjebak dalam kekacauan yang besar. Diharapkan dari film ini, bahwa interaksi manusia dan robot harus dibuat memiliki batasan yang tentunya rasional. 

Dipublikasikan Oleh: 
Faris Fajar Muhammad 121117707 SMSI-02
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar